Ads Top

Hamba-hamba Yang Paling Dicintai Allah


Nabi Daud as berkata : “ Ya Allah, siapa diantara hamba-hamba Mu yang paling Kau cintai?”
Daud a.s bertanya pada Allah. Allah berfirman :” Mereka yang Ku cintai adalah mereka yang di dalam hatinya ada ketaqwaan pada Ku, takut pada Ku, bergantung pada Ku.

Termotivasi hanya untuk mendapat ridho Allah, mereka tidak berharap kepada selain Allah, mereka tidak menyakiti makhluk Allah, mereka tidak berbohong, mereka tetap taat dan tunduk pada Allah.

Ketika gunung bergerak, mereka tidak bergerak. Kemudian Allah berfirman:”Mereka mencintaiKu, mereka mencintai orang-orang yang mencintai Ku, dan mereka membuat Ku dicintai dalam hati manusia.”

Nabi Daud a.s berkata : “ Ya Allah, aku mencintai Mu, aku mencintai orang-orang yang mencintai Mu, aku ingin menjadi kekasih Mu. Bagaimana caranya aku membuat manusia mencintai Mu?

Allah swt berfirman :”Ya Daud, pergilah dari orang ke orang, katakan pada mereka tentang Allah, katakan rahmat Ku pada mereka, katakan tentang karunia Ku pada mereka. Katakan tentang keagungan Ku, katakan tentang kemuliaan Ku.

Umat ini diseru, diperintahkan, diutus, dipilih oleh Allah untuk pergi dari orang ke orang sampaikan kepada mereka tentang Allah. 

Kita semua adalah penyampai pesan Allah di bumi, kita dikirim untuk berta’aruf pada Allah, umtuk menyampaikan kepada seluruh manusia tentang siapa itu Allah.

Bahwa Allah adalah Sang Pencipta, bahwa Allah Sang Penghancur, bahwa Allah Sang Pemberi, bahwa Allah Sang Perenggut, bahwa Allah hanya satu.

Allah, yang berdiri sendiri, Dia hidup, Dia Maha Penguasa segala sesuatu, DIalah satu-satunya yang Maha Berkehendak, segala sesuatu ada karena Allah. Dia tidak tidur, Dia tidak menjadi lelah, Dia tidak mengantuk.

Dari Abu Hurairoh Rasulullah bersabda,
“Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Allah memanggil Jibril seraya berfirman: ‘Sesungguhnya Allah Ta’ala mencintai Fulan, maka cintailah ia’ Kemudian Jibril mencintai orang itu dan berkata kepada penghuni langit: ‘Sesungguhnya Allah mencintai Fulan, maka cintailah ia’ Penghuni langit pun akhirnya mencintai orang itu. Setelah itu kecintaannya diteruskan kepada penghuni bumi”(HR Bukhari dan Muslim).

Sesungguhnya banyak cara yang dapat kita tempuh untuk menjadi hamba-hamba yang dicintai Allah SWT diantara:

1. Suka Menolong Orang Mu'min

“Orang mu’min yang paling dicintai Allah adalah orang mu’min yang menolong orang mu’min lainnya yang faqir duniawi dan mata pencahariannya, orang mu’min yang menolong dan memberi manfaat dan menahan diri dari yang tidak disukai orang-orang mu’min lainnya.”
~ Imam al-Shadiq as 

2. Banyak Memberi Manfaat Kepada Sesama

Seseorang bertanya kepada Rasulullah saw, ”Siapakah orang yang paling dicintai Allah? Beliau saw bersabda, ”Orang yang paling banyak memberi manfaat kepada manusia.” 

3. Menggembirakan Orang Mu'min

Imam Muhammad al-Baqir as berkata, ”Senyum seseorang kepada saudara (seiman)-nya merupakan kebaikan (hasanah), begitupun tindakan menyingkirkan kotoran dari saudaranya itu pun merupakan kebaikan, (tetapi) tidaklah Allah diibadati (‘ubida) dengan sesuatu yang lebih Allah cintai daripada menggembirakan (menghibur) orang mu’min.” 

4. Beramar Ma’ruf (Berbuat Kebaikan)

Rasulullah saw bersabda, ”Hamba yang paling dicintai Allah Yang Maha Agung adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada hamba-hamba-Nya yang lain, dan orang-orang yang mengajak untuk mencintai kebaikan (al-ma’ruf) dan senantiasa mengerjakannya.” 

5. Saling Berkasih Sayang Karena Allah, Cinta Kepada Masjid, Dan Beristighfar Di Saat Sahur

Rasulullah saw bersabda,”Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya hamba yang paling Aku cintai adalah orang-orang yang saling berkasih-sayang karena Keagungan-Ku dan hati mereka terpaut kepada masjid dan mereka senantiasa memohon ampun di waktu sahur (sebelum subuh). Mereka adalah orang-orang yang apabila Aku ingin menimpakan suatu ‘azab kepada suatu kaum namun Aku urungkan, mengingat keberadaan mereka (di antara kaum tersebut) 

6. Jujur, Menjaga Shalat, Menunaikan Amanah

Imam Ja’far al-Shadiq as berkata, ”Hamba yang paling dicintai Allah ‘Azza wa Jalla adalah laki-laki yang selalu benar perkataannya, senantiasa menjaga shalatnya, dan selalu menunaikan amanah yang Allah wajibkan kepadanya.”

7. Rela Kepada Ketentuan Allah

Di dalam munajatnya, Nabi Musa as berkata kepada Allah, ”Wahai Tuhan, Makhluk yang manakah yang paling Engkau cintai?” Allah menjawab, ”Orang yang apabila Aku mengambil (nyawa) orang yang dicintainya, ia rela dan pasrah kepada-Ku…”

8. Banyak Berdzikir Dan Paling Bertaqwa

Rasulullah saw bersabda, ”Orang yang paling dicintai Allah Yang Maha Agung dan Maha Terpuji adalah orang yang paling banyak berdzikir di kepada-Nya di antara kamu dan orang yang paling mulia di sisi Allah ‘Azza wa Jalla di antara kamu adalah yang paling bertaqwa.” 

9. Hatinya Sedih Dan Takut Karena Allah

Imam Ali as berkata, ”Sesungguhnya di antara hamba-hamba Allah yang paling dicintai-Nya adalah seorang hamba yang Allah telah menolong atas dirinya maka ia pun merasa sedih (karena dosa-dosa-nya), sehingga senantiasa diliputi rasa takut (akan Kebesaran Allah) dan hatinya senantiasa diterangi oleh lentera hidayah” 

10. Membahagiakan Keluarganya

Rasulullah saw bersabda, ”Semua makhluk itu adalah keluarga Allah (‘iyalullah) (telah penuhi kebutuhannya). Karena itu makhluk yang paling dicintai Allah adalah ia yang memberikan manfaat kepada keluarga Allah dan ia yang senantiasa membahagiakan keluarganya”  

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.