Ads Top

Fitnah yang Muncul Di Akhir Zaman




Dari Ibnu Umar ra, ia berkata, “ Aku melihat Rasulullah saw berisyarat ke arah timur sembari berkata, “ Itulah, sesungguhnya fitnah itu dari sana, sesungguhnya fitnah itu dari sini, dari arah munculnya tanduk setan”. HR Bukhari, Muslim, Shahih Muslim.

Dijelaskan pula dari Hadist Rasulullah saw, dari Salim bin Abdullah bin Umar, dia berkata,  Wahai penduduk Irak! Kalian tidak bertanya tentang sesuatu yang (kalian anggap) remeh, padahal fitnah itu telah menunggangi kalian menuju dosa besar. Aku mendengar Bapakku, Abdullah bin Umar berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda,”Sesungguhnya itu akan datang dari arah sini.” Saat itu beliau berisyarat dengan tangan beliau ke arah timur dari arah terbitnya (munculnya) dua tanduk setan dan sebagian kalian saling memenggal leher sebagian yang lain. Meskipun Nabi Musa a.s hanya telah membunuh orang yang dia bunuh dari kalangan Firaun, itupun Karena tidak sengaja. Akan tetapi Allah SWT berkalam kepadanya,” Engkau dulu telah membunuh orang lalu Kami menyelamatkan engkau dari kesedihan dan Kami benar-benar memfitnah kamu dengan fitnah yang sesungguhnya.” HR. Shahih Muslim.

Dari Hadist  ini jelas bahwa fitnah yang menyesatkan adalah wilayah timur, terutama negeri Irak. Mayoritas fitnah telah terjadi di kalangan kaum muslim. Selanjutnya fitnah itu menyebar di wilayah timur lainnya.

Kemenangan pasti akan datang
Syam adalah negeri yang terdiri dari beberapa negara pada saat ini, yaitu : Suriah, Palestina, Yordania dan Libanon. Syam dalam literatur sejarah Islam adalah wilayah dalam empat negara ini, dan Damaskus adalah ibukotanya. Tapi sayang wilayah ini sekarang telah terpecah menjadi empat negara sebagai dampak dari imprealisme barat di masa lalu.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Sesungguhnya saya melihat seakan-akan tonggak al-Kitab telah tercabut dari bawah bantalku. Maka, aku mengikutinya dengan pandanganku. Tiba-tiba terdapat cahaya terang-benderang yang mengarah menuju Syam. Ketahuilah, sesungguhnya iman, apabila telah terjadi beragam fitnah, berada di Syam.” [HR. Ahmad No. 21781, Shahihut-Targhib wat-Tarhib, no. 3092]

Doa Rasulullah pada Negeri Syam
Dari Ibnu Umar ra, ia berkata, Nabi saw berdoa,” Ya Allah berkahilah untuk kami pada negeri Syam kami. Wahai Allah, berkahilah untuk kami negeri Yaman kami. “ Para sahabat berkata,” Wahai Rasulullah, di negeri Najed kami juga ?” Rasulullah berdoa lagi, “ Ya Allah berkahilah untuk kami pada negeri Syam kami. Wahai Allah, berkahilah untuk kami pada negeri Yaman kami.” Mereka berkata, “ Wahai Rasulullah, di negeri Najed kami juga?” Aku menyangka beliau bersabda ketika diminta untuk ketiga kalinya,”Di sana ada keguncangan, gempa, dan fitnah. Dari sanalah muncul tanduk setan.” HR. Shahih Bukhari.

Dari hadist di atas, di akhir zaman, fitnah akan terus muncul hingga akhirnya muncul fitnah Dajjal. Berlindunglah kepada Allah dari fitnah Dajjal agar kita selamat di dunia dan di akhirat. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.