Ads Top

Manusia Yang Paling Beruntung di Hari Penghisaban


Sungguh beruntung manusia yang tidak dihisab di hari kiamat nanti. Golongan ini akan masuk surga tanpa dihisab. Dalam hadist Rasulullah saw ada sekitar 70.000 orang yang akan masuk surga tanpa dihisab. Mereka selamat dari siksa api neraka. Orang-orang ini mampu memurnikan tauhid, kesyirikan, kemurtadan dan kemunafikan. Mereka mampu melakukan amalan shaleh, amalan wajib dan Sunnah serta menjauhi segala perbuatan yang hukumnya makruh.

Abdullah bin Abbas berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “ Umat-umat manusia yang telah ditunjukkan kepadaku. Ada seorang nabi yang disertai oleh sejumlah besar orang yang mengimaninya. Ada seorang nabi yang disertai oleh puluhan orang yang mengimaninya. Ada seorang nabi yang bersama sepuluh orang yang mengimaninya. Ada seorang nabi yang bersama lima orang yang mengimaninya. Dan adapula seorang nabi yang berjalan sendirian, Karena tidak ada seorang pun yang mengimaninya.

Tiba-tiba muncul sebuah rombongan yang besar. Aku bertanya, ‘Wahai Jibril, apakah mereka ini umatku?’Jibril menjawab,’Bukan. Tapi lihatlah ke ufuk!’ Saya melihat ke arah ufuk, ternyata dari sana muncul serombongan yang lebih besar. Jibril berkata,’Mereka itu adalah umatmu. Di barisan depan mereka ada tujuh puluh ribu orang yang (masuk surga) tanpa melalui hisab atau azab. ‘Aku bertanya, ‘Kenapa?’ Jibril menjawab , ‘ Karena mereka dahulu di dunia tidak minta diobati dengan besi yang dipanaskan, tidak meminta diruqyah, tidak meyakini adanya kesialan dengan burung tertent (dan makhluk yang lainnya), dan mereka hanya berserah diri kepada Rabb mereka’.

Ukasyah bin Mihsan segera berdiri dan berkata, “ Berdoalah kepada Allah agar memasukkan saya ke dalam golongan mereka!” Maka Rasulullah saw berdoa, “ Ya Allah, jadikan ia salah satu dari golongan mereka!” Seorang sahabat yang lain juga turut berdiri dan berkata,” Berdoalah kepada Allah agar memasukkan saya kedalam golongan mereka!” Maka Rasulullah saw menjawab, “ Engkau telah didahului oleh Ukasyah.” HR Bukhari dan Muslim.

Dalam riwayat lain dari Imran bin Hushain bahwasanya Rasulullah saw bersabda, : Akan ada yang masuk surga dari umatku sejumlah tujuh puluh ribu orang tanpa melalui proses hisab”. Para sahabat bertanya, “ Siapakah mereka wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Meraka adalah orang-orang yang tidak meminta diruqyah, tidak menganngap adanya kesialan dengan burung tertentu, tidak meminta diobati dengan besi panas, dan hanya berserah diri kepada Rabb mereka”. HR Muslim

Dari Sahl bin Sa’ad As-Sa’idi, ia berkata Rasulullah saw bersabda, “ Benar-benar akan ada tujuh puluh ribu atau tujuh ratus ribu -perawi Abu hazim ragu-ragu jumlah yang mana yang disabdakan-dari umatku yang masuk surga. Mereka saling berpegangan tangan, sehingga orang yang paling depan dan paling belakang di antara mereka masuk surga dalam waktu yang bersamaan. Wajah mereka terang benderang seperti cahaya bulan pada malam bulan purnama”. HR. Bukhari dan Muslim

Dalam hadist yang lain dijelaskan, dari Abu Umamah Al-Bahili ia berkata, “ Saya mendengar Rasulullah saw bersabda, “ Rabbku menjanjikan untukku akan memasukkan tujuh puluh ribu dari umatku ke dalam surga tanpa hisab dan azab. Bersama setiap seribu orang di antara mereka akan ada tujuh puluh ribu lainnya, juga tiga kali cidukan dengan tangan-Nya”. HR. Tirmidzi, Ahmad, Thabrani dan Ibnu Hiban.

Syeik Abdurahman bin Nashir As-Sa’di berkata," Barangsiapa merealisasikan tauhid niscaya akan masuk surga tanpa hisab.”  Caranya adalah dengan memurnikan tauhid dan membersihkannya dari perbuatan dan ucapan syirik, bid’ah dan kemaksiatan. Semoga kita termasuk golongan ini. Aamiin yaa Rabb…





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.