Ads Top

5 Gambaran Keadaan Neraka Yang Menakutkan

Neraka diciptakan oleh Allah sebagai hukuman bagi orang-orang yang mengingkari-Nya. Sebagai umat Nabi Muhammad saw kita harus percaya dan yakin bahwa neraka benar adanya. Al Quran dan Al Hadist telah memberikan gambaran bagaimana keadaan yang sangat menakutkan dan siksaannya sangat pedih. Beikut ini adalah 5 gambaran keadaan neraka ini pasti membuat kita merenung dan mengingat kembali apa tujuan hidup kita di dunia.
  • Kedalaman neraka mencapai dasarnya mencapai 70 tahun 
Abu Musa al-Asy'ari meriwayatkan bahwa Nabi saw ketika menggambarkan kedalaman neraka mengatakan " Jika sebuah batu dijatuhkan ke dalam neraka, ia memerlukan tujuh puluh tahun untuk mencapai dasarnya"

Riwayat lain dari Abu Hurairah ra menceritakan, ketika para sahabat sedang duduk menemani Nabi, tiba-tiba mereka mendengar sesuatu jatuh. Nabi bertanya, " Tahukah kamu apa itu ?" Para sahabat dengan takzim menjawab : " Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui" . Nabi berkata : " Itu adalah suara batu yang dijatuhkan Allah ke dalam neraka sekitar tujuh puluh tahun silam. Batu itu menyentuh tanah sekarang".

  • Dinding neraka yang lebarnya perlu 40 tahun menempuhnya
Nabi bersabda bahwa neraka dikelilingi empat dinding dengan lebar masing-masing empat puluh tahun. Maksudnya masing-masing dinding memerlukan 40 tahun perjalanan tanpa henti.
  • Pintu  neraka berjumlah tujuh 
" dan Sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya.  Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka. (QS Al Hijr ayat 43-44)

Nabi bersabda : " Neraka memiliki tujuh pintu dan salah satunya disediakan bagi mereka yang menghunuskan pedang untuk melawan umatku".

  • Api neraka 70 kali dunia
Nabi saw bersabda : "Api neraka hanyalah 1/70 bagian dari api neraka.  Para sahabat berkata:" Itu cukup membuat penghuni neraka menjadi abu." Nabi kemudian berkata : " Jika engkau menambahkan 69 derajat kepada api barulah setara dengan api neraka". HR Bukhari dan Muslim.

  • Siksaan neraka 
Nabi bersabda: " Hukuman teringan bagi para pendosa adalah sepatunya akan dipenuhi api. sehingga otaknya mendidih secara mengenaskan. Dia akan merasakan bahwa itulah hukuman buruk, meskipun sebenarnya hanyalah tingkatan paling rendah dari siksaan neraka". 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.