Ads Top

Amal Jariah Untuk Orang Yang Sudah Meninggal


Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi saw bahwa amal perbuatan akan terputus setelah kematiannya kecuali tiga yaitu amal jariah,  ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan anak-anak shaleh yang mendoakan orangtuanya. 

Amal Jariah adalah kebaikan yang pahalanya tidak pernah berhenti meskipun orang tersebut telah meninggal dunia. Misalnya mendirikan mesjid, wakaf untuk kepentingan orang banyak. Dalam hadist lain, Nabi saw mengatakan bahwa seseorang yang telah meninggal dunia akan diberi pahala karena membangun sarana pendidikan, meninggalkan anak-anak yang shaleh, membangun mesjid, menanam pohon, dan menggali sumur.

Hal kedua yang disebutkan dalam hadist adalah ilmu pengetahuan yang bermanfaat, ilmu yang bermanfaat dapat berupa ilmu yang didapat seseorang baik langsung atau tidak langsung. Seseorang yang memberikan sumbangan buku akan mendapatkan pahala tanpa henti sekalipun dia sudah meninggal.

Anak shaleh yang memohon ampunan kepada Allah untuk kedua orangtuanya tentu akan diberikan pahala oleh Allah baik untuk anaknya maupun orangtuanya. Bagi orangtua yang telah meninggal dengan doa dari anak-anaknya yang shaleh, Allah akan berikan ampunan dan memberikan penerang dalam kubur.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.