Ads Top

Kekayaan yang Dimiliki Rasulullah Ternyata Bukan Harta, Tetapi Ini...


Rasulullah saw adalah sosok Nabi yang hidupnya sangat sederhana, sepeninggal beliau bukan harta yang ditinggalkan kepada umatnya. Namun Rasulullah meninggalkan benda-benda yang membantu perjuangan dakwah beliau selama menjadi Rasul. Apa saja benda yang dimiliki Rasulullah selama hidupnya?

1. Unta
Unta Rasulullah saw bernama al Qashwa merupakan unta yang beliau beli dari Abu Bakar ra saat berangkat hijrah dan terus memilikinya sampai unta itu mati. Sebenarnya Abu Bakar ra ingin menghadiahkan unta tersebut kepada Rasulullah, tapi Rasulullah menolaknya.

2. Unta perah

Rasulullah memiliki dua puluh unta perahan yang yang digunakan untuk penopang kehidupan keluarga beliau. Semua unta digembalakan di hutan sekitar Madinah.

3. Kuda

Ibnu Sa'd mengatakan Rasulullah memiliki sekitar tiga ekor kuda. Ketiga kuda tersebut merupakan hadiah. Rasulullah juga mempunyai kuda lainnya yang beliau beli dari Bani Murrah

4, Keledai

Ibnu Abbas ra berkata:"Rasulullah saw diberi hadiah seekor keledai warna abu-abu. Keledai ini abu-abu pertama pada era Islam. Nabi menyuruhku mengambi wol dan sabut dari rumah istri beliau, Ummu Salamah. Setelah didapat, aku dan Rasulullah memintalnya untuk tali kekang dan sabuk pada pipi keledai itu. Setelah itu beliau memasuki rumah, keluar lagi membawa mantel yang ditandai, kemudian melipatnya dan meletakkannya di atas punggung keledai itu. Nabi lalu memberi nama, menaikinya dan aku diboncengnya." HR Thaqabat dan Thabari

5. Senjata

Rasulullah memiliki beberapa senjata seperti pedang, busur, baju besi dan perisai. Beliau memiliki tiga buah pedang. Beliau juga mendapatkan tiga buah tombak, tiga buah busur dan dua baju besi. Rasulullah sendiri memiliki dua baju besi. Disebutkan bahwa baju besi. Rasulullah punya dua tali dari perak di bagian dada dan dua tali perak di bagian punggung

6. Bendera

Rasulullah sempat membuat beberapa bendera, namun yang paling dikenal adalah bendera Al Iqab. Bendera-bendera tersebut digunakan sebagai panji Islam dalam peperangan dan untuk menggetarkan musuh.

Jika kita tengok peninggalan dan harta kekayaan Rasulullah. Ternyata harta yang dimiliki Rasulullah bukanlah emas dan uang yang melimpah. Jika Rasulullah mau, beliau bisa saja mendapatkan emas sebesar gunung Uhud dengan berdoa kepada Allah.

Namun Rasulullah mengajarkan pada umatnya arti kekayaan sesungguhnya dengan memberikan suri teladan melalui kehidupan beliau sehari-hari.
Ya Rasulullah sungguh kami rindu padaMu...










Sumber : Pribadi Muhammad, Dr Nizar Abazhah



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.