Ads Top

Laknat Bagi Pencela Sahabat


Para ulama sepakat bahwa hukum mencela sahabat Rasulullah saw termasuk dosa besar. Pendapat tersebut didasarkan pada hadist Rasulullah saw yang melarang seseorang mencela sahabatnya.

Diantaranya Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Said al-Khudri, “Telah bercerita kepada kami Adam bin Abu Iyas telah bercerita kepada kami Syu'bah dari Al-A'masy berkata,”aku mendengar Dzakwan bercerita dari Abu Sa'id al-Khudri radliallahu 'anhu yang berkata, Nabi saw bersabda: ”Janganlah kalian mencela sahabat-sahabatku. Seandainya salah seorang dari kalian meninfaqkan emas sebanyak bukit Uhud, tidak akan ada yang menyamai satu timbangan (pahala) seorang pun dari mereka, juga tidak akan sampai setengahnya.
( HR. Jarir, Abdullah bin Daud, Abu Mu'awiyah dan Muhadlir dari Al-Amasy )

Dalam riwayat lain Rasulullah saw bersabda,”...barangsiapa membenci mereka ( sahabat ), maka dengan kebencianku, aku pun membenci mereka ( yang membenci sahabat ), barangsiapa yang menyakiti mereka, sungguh ia telah menyakitiku, barangsiapa yang menyakitiku, berarti ia telah menyakiti Allah, barangsiapa menyakiti Allah, hampir saja Allah menyiksanya". ( HR. Tirmidzi )

Rasululllah saw tegas menyatakan,”Barangsiapa melaknat sahabat, dia akan mendapat laknat dari Allah, para malaikat serta seluruh manusia.”(HR. Thabrani )

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.